HIMPUNAN MAHASISWA KIMIA UNIVERSITAS ANDALAS

himka unand. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 06 Juli 2011

kabar seputar Unand

Posted by himka.unand | Rabu, 06 Juli 2011 | Category: |

PORTAL UNAND
(Himka Unand/PCC/Unand). Tahun ajaran baru merupakan hal yang selalu menjadi perhatian lebih oleh setiap orang yang ingin masuk ke Universitas. Seperti yang kita ketahui, pengumuman peserta yang lulus seleksi ujian masuk perguruan tinggi negri atau biasa disingkat SNM-PTN yang baru di umumkan tanggal 30 juni kemarin masih hangat untuk dibicarakan. Bagi mahasiswa yang lulus mulai memikirkan bagaimana cara mendaftar ulang pada universitas yang menerimanya sedangkan bagi yang tidak lulus mungkin sekarang sedang berkecil hati. Namun dibalik itu semua, yang paling sibuk mengurusi masalah mahasiswa baru tidak lain adalah pihak Universitas itu sendiri.
Begitu pula halnya mengenai pendaftaran ulang mahasiswa baru yang di buka pihak universitas andalas dari tanggal 1 juli sampai 9 juli 2011. Dimana sistem pendaftaran yang dilakukan yaitu melalui sistem online dengan terlebih dahulu membayar uang pendaftaran di bank-bank BNI yang sudah ditunjuk pihak universitas. Setelah calon mahasiswa membayar ke bank, melalui pihak bank mahasiwa akan mendapatkan pin untuk masuk kedalam portal yang sudah disediakan pihak universitas. Namun kendala dengan pemakaian sistem online ini adalah portal yang seharusnya mendukung sistem pendaftaran mahasiswa baru tersebut malah akhir-akhir ini sering eror atau malah tidak dapat diakses sama sekali. Hal inilah yang diresahkan sebagian calon mahasiwa yang sudah membayar kan uangnya ke bank namun belum medapatkan No pin dari pihak bank lantaran portal mengalami gangguan. Hal ini pula yang menyebabkan terlambatnya mahasiwa melakukan pendaftaran ulang. Pihak bank sendri tidak bisa mengatasi masalah ini, karena kesalahan memang berasal dari portal sehingga pihak bank tidak bisa memberikan No pin kepada masing-masing mahasiswa baru.
Susahnya portal di akses mungkin saja disebabkan karena banyaknya pengunjung portal tersebut, sehingga jika kita akan menggunakan portal maka kita akan mengalami kesulitan untuk masuk kedalamnya. Yang meramaikan portal Unand akhir-akhir ini tidak hanya calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar ulang, tetapi juga mahasiswa-mahasiswa Universitas Andalas yang mengambil mata kuliah semester pendek (SP) yang harus mengisi KRS mereka melalui sistem portal karena hal ini pula lah  portal kadang kala sulit untuk di akses.
Masalah sulitnya mengakses portal pada saat tahun ajaran baru atau pergantian semester bukan hal yang biasa lagi, karena hampir setiap waktu mengisi KRS sebagian mahasiwa mengeluhkan sulitnya akses kedalam portal jika ingin melihat kartu hasil studi (KHS) maupun mengisi kartu rencana studi (KRS). Permasalahan semacam ini seharusnya tidak boleh terjadi lagi karena hal ini sudah sering terjadi, seharusnya pihak Universitas mulai sadar dan mulai membenahi portal yang masih carut marut tersebut. Padahal waktu yang di punyai pihak universitas untuk membenahi pengaturan portal cukup banyak, karena seperti yang kita tahu mahasiswa membuka portal hanya saat mereka berada diakhir semester ketika akan melihat nilai ujian akhir studi dan saat mengisi KRS. Seharusnya dari pihak ICT Universitas memanfaat kan kesempatan ini dengan benar agar portal yang merupakan hal penting yang menunjang sistem perkuliahan dapat di akses dengan mudah dan cepat. (dari berbagai sumber)

Currently have 0 komentar: